Tentang PJK UNP

Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai perguruan tinggi merupakan institusi yang berperan sebagai lembaga sumber dan pengembangan ilmu pengetahuan serta menjadi penghasil tenaga kerja profesional. Kurikulum yang disajikan sebuah Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang dilaksanakan harus mampu membekali lulusan dengan kompetensi dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Sebagai institusi yang setiap tahunnya menghasilkan lulusan professional, UNP mempunyai tanggung jawab moral untuk menjamin lulusannya cepat memperoleh pekerjaan melalui pembekalan kompetensi lulusan dan informasi lowongan pekerjaan.

Kecepatan dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan dan kompetensi yang dimiliki oleh lulusan diharapkan mampu memperpendek masa tunggu lulusan dalam mendapatkan pekerjaan. Selain itu pembekalan yang berupa ketrampilan-ketrampilan yang dilaksanakan oleh UNP sebelum alumni terjun ke dunia kerja diharapkan dapat menunjang kompetensi lulusan untuk menghadapi persaingan di pasar kerja.

Untuk itu, UNP perlu mendirikan sebuah pusat atau lembaga yang mampu memenuhi kepentingan dan kebutuhan yang dimaksud. Maka didirikanlah Pusat Jasa Ketengakerjaan Universitas Negeri Padang (PJK UNP) bagi mahasiswa dan alumni.