PENGERTIAN KARIR

PENGERTIAN KARIR

Semua orang akan mengalami pekerjaan, baik bekerja secara formal maupun informal, seseorang tak terhindar lagi dari pekerjaan, karena pekerjaan merupakan kebutuhan maupun untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Perkembangan pekerjaan seseorang disebut karir (career), lebih rinci dapat dikatakan mulai dari seseorang mempersiapkan diri, memilih jenis pekerjaan, melaksanaan pekerjaan tetap (permanent), dan pensiun disebut perkembangan karir (career development).

Dalam kenyataannya ada orang dalam bekerja tidak sesuai dengan bakat, potensi, dan pendidikannya dengan pekerjaannya yang permanen. Salah jalur karir, ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam bekerja, bahkan dapat menimbulkan tidak serius bekerja dan akhirnya dipecat perusahaan atau lembaga. Untuk perlu kita pahami kecocokan bakat, potensi, latar belakang pendidikan dengan posisi pekerjaan yang akan kita masuki.

Perkembangan karir adalah kemajuan dan tindakan yang diambil oleh seseorang sepanjang hidup, berkaitan dengan pekerjaan. Sebuah karir sering terdiri dari pekerjaan yang tetap, dalam jangka waktu yang panjang, bukan hanya mengacu pada satu posisi.

Perkembangan karir pengelolaan karir baik di dalam suatu instansi atau di beberapa instansi. Pengembangan karir adalah proses, berlangsung seumur hidup dan mengarahkan seseorang belajar dan mencapai lebih banyak dalam karirnya. Perkembangan karir, merupakan aspek utama dari perkembangan seseorang, yaitu proses di mana identitas kerja individu terbentukm, dan dalam waktu yang lama atau seumur hidup seseorang. Perkembangan karir dimulai dengan kesadaran seseorang mempersiapkan diri, dan awal satu cara di mana orang mencari nafkah, berlanjut hingga mengeksplorasi pekerjaan dan akhirnya memutuskan mengejar karir, untuk mendapat kemajuan pekerjaan ataupun mengubah karir atau pekerjaan.

Perencanaan karir adalah proses seumur hidup, yang mencakup mempersiapkan diri, memilih pekerjaan, mendapatkan pekerjaan, yang berkembang dalam pekerjaan seseorang, bisa saja mengubah karirnya, dan akhirnya pensiun. Eksplorasi karir merupakan tahap kedua dari proses perencanaan karir. Eksplorasi karir setelah menyelesaikan tahap pertama dari proses perencanaan karir, penilaian diri. Selama tahap itu ada inventarisasi nilai-nilai, minat, kepribadian dan keterampilan. Ini bermula dari menilai diri sendiri (self assessment) sehinga didapat data daftar karir yang sesuai untuk Anda, dan berdasarkan pada apa Anda tahu tentang diri Anda sendiri. Penilaian diri sendiri (self assessment) adalah langkah pertama dari proses perencanaan karir. Selama penilaian diri sendiri seseorang mengumpulkan informasi tentang diri untuk membuat keputusan karir informasi. Penilaian diri sendiri ditinjau dari aspek: nilai-nilai, minat, kepribadian, dan keterampilan.

Gambar 1: Ilustrasi perkembangan karir

(Career development.gif)

Dalam aspek lain, perkembangan karir adalah merupakan metode mempersiapkan diri yang terorganisir digunakan untuk mencocokkan kebutuhan individu dan lembaga dengan tujuan karir karyawan. Lebih jauh lembaga merumuskan rencana pengembangan karir dapat membantu karyawan untuk melakukan pekerjaan lebih efisien. Selain itu, rencana karir bermanfaat bagi karyawan yang ingin meningkat ke karir atas dalam sebuah perusahaan atau mencari pekerjaan lain untuk masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>