Pelatihan Kewirausahaan Tingkat UNP bagi Mahasiswa

Bertempat di Ruang Perkuliahan 402 dan 403 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP), Panitia Penyelenggara Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) UNP mengadakan Workshop Kewirausahaan dan Pembuatan Business Plan selama 2 hari.  Tepat pukul 09.05 WIB, Azhari Suwir, S.E., Kepala Biro Administrasi dan Akademik Kemahasiswaan (BAAK) UNP yang mewakili Pembantu Rektor III UNP, membuka acara secara resmi. Workshop ini diikuti oleh seluruh mahasiswa yang lulus seleksi tahap I, sebanyak 36 proposal dengan jumlah 163 orang. Selasa (24/6).

Agenda tahunan Dirjen DIKTI yang diselenggarakan UNP untuk ke-4 kalinya ini merupakan suatu ajang antisipasi pengangguran bagi lulusan UNP nantinya. Azhari mengungkapkan bahwa UNP nantinya tidak hanya meningkatkan kompetensi kelulusan melalui akademik saja. “ Tidak hanya tamatan akademisi tetapi juga memiliki jiwa entrepreneurship,” jelasnya.

PMW telah berjalan selama 3 tahun dan sekarang memasuki tahun ke-4 dengan proses yang berbeda dengan sebelumnya. Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana PMW 2014, Drs. Bahrul Amin, S.T.,  M.Pd., memasuki tahun ke-4 PMW di UNP mengalami  kenaikan peminat yang cukup besar.  Pada tanggal 17 April 2014 lalu, proposal yang masuk sebanyak 101 dari seluruh fakultas dengan jumlah 446 orang. Tahun 2013 hanya sebanyak 30 proposal yang masuk. “Semua baik tapi karena keterbatasan maka dilakukan seleksi,” jelasnya. Selasa (24/6)

Proses penyelenggaraan PMW tahun 2014 ini dimulai dengan proses sosialisasi kepada mahasiswa, penginformasian melalui web, lembaga kemahasiswaan, dan man to man. Untuk mencapai hasil akhir para peserta harus melalui dua tahap penyeleksian, dimulai dari seleksi proposal dan seleksi pembuatan Business Plan.  Setelah itu proses magang, start up business, dan expo hasil PMW. Redda (Sumber Ganto Online)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>